Rabu, 02 Desember 2009

Menyibak Mitos Seputar Diet

Banyak minum sebelum makan akan menahan kita untuk menikmati makanan secara berlebihan. Benarkah demikian? Mari sama-sama membuka mata untuk melihat fakta sesungguhnya saat menjalani diet, cara ini membuat kita bisa menikmati makanan kesukaan dengan benar.
Mitos 1 : Kentang dan roti adalah makanan yang menggemukkan badan.
Faktanya : Tidak semua karbohidrat berbahaya, apalagi jika karbohidrat itu berasal dari kentang dan gandum.Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai bahan bakar otak bekerja.
Mitos 2 : Minum sebelum makan dapat menghilangkan nafsu makan.
Faktanya : Iya dan tidak. Air akan menghadang nafsu makan bila digabung bersama makanan seperti sup. Air pada sup akan memperlambat pencernaan sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Tapi jika hanya air putih yang banyak Anda minum sebelum makan, tidak akan berpengaruh pada rasa kenyang. Tunggu beberapa saat, Anda akan lapar kembali.
Mitos 3 : Udang kaya akan kolesterol.
Faktanya : Jika dilihat dari satu sisi, benar adanya udang memiliki kolesterol yang tinggi. Sebab dalam 3 ons udang saja sudah berkontribusi 1/3 kebutuhan kolesterol kita. Tapi di sisi lain, udang kaya akan lemak tak jenuh yang menyelamatkan arteri jantung dari plak-plak. Ini diperkuat dari penelitian University of Southern California yang menemukan fakta konsumsi udang setiap minggu dapat menekan risiko serangan jantung 59 persen!
Mitos 4 : Sesekali menikmati burger dan kentang goreng tidak apa-apa.
Faktanya : Sangat tergantung pada bagaimana kita mendefinisikan “sesekali”. Jika sesekali diartikan setiap malam minggu atau akhir pekan, maka sebenarnya kita telah mengacaukan program diet yang tengah berjalan. Tapi jika sebulan sekali adalah waktu untuk mendefinisikan sesekali, maka masih bisa ditolerir oleh lingkar pinggang, kadar kolesterol dan tekanan darah. Terlelbih ketika Anda menjalankan program hidup sehat dengan makanan berserat tinggi dan rajin berolah raga, maka sekali sebulan makan burger dan kentang goreng tidak apa-apa.
Mitos 5 : Secara natural, berat badan perempuan akan naik saat menopause.
Faktanya : Kita bisa dengan mudah menyalahkan hormon (mulai dari timbulnya jerawat sampai PMS), tapi khusus kasus ini penyebabnya adalah menurunnya aktivitas tubuh menjadi penjelasan masuk akal. Sebab beberapa penelitian membuktikan, perempuan usia lanjut yang rajin berolahraga tidak mengalami kenaikan berat badan meskipun mereka telah menopause.
Mitos 6 : Soda berlabel diet lebih baik.
Faktanya : Apapun labelnya, minuman soda tidak pernah baik untuk kesehatan apalagi berat badan. Sebaiknya ganti minuman jenis ini dengan air putih, jus buah, atau teh hijau. Sebab minuman soda berbahaya bagi ginjal dan berisiko memberikan serangan jantung pada kita. Belum lagi asam yang ada di dalamnya dapat menyebabkan karang pada gigi.

1 komentar:

Unknown 2 Desember 2009 pukul 17.20  

Bgus Jga BloG nYa....

Btw Anx M.E ea???


bkA pnYA Aq Jg ea....

About This Blog

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP