AKUNTANSI DAN ANGGARAN PERUSAHAAN
1.Pengertian akuntansi dan penggunaannya
Akuntansi
→adalah pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi bisnis serta penginterpretasian informasi yang telah disusun.
Penggunaan akuntansi :
1.Kegunaan akuntansi bagi manjemen
“sistem akuntansi harus memberikan informasi keuangan yang akan membantu dalam memperkirakan hasil-hasil operasi, pengawasan fasilitas, dan membantu dalam perencanaan”.
1.Kegunaan akuntansi bagi investor dan kreditur
“Laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan penting bagi investor untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan perusahaan beserta kondisi keuangannya”.
1.Kegunaan akuntansi bagi pemerintah
“dalam hal ini perusahaan harus membuat laporan penghasilan bersih yang diperolehnya kepada pemerintah untuk menentukan jumlah pajak perusahaan”.
Jenis-jenis akuntansi :
1.Akuntan privat
→adalah akuntan yang bekerja pada sebuah perusahaan atau lembaga lain yang dapat memegang jabatan sebagai kepala keuangan,kepala bagian akuntansi, bendaharawan, dll.
1.Akuntansi publik
→adalah akuntan yang tidak bekerja pada sebuah lembaga melainkan berdiri sendiri.
1.Proses akuntansi
“dimana transaksi-transaksi tersebut dicatat, digolongkan, dan diringkas untuk menyusun laporan keuangan, dan kemudian dipresentasikan oleh manajemen perusahaan maupun pihak-pihak lain”.
Jurnal akuntansi
→adalah transaksi keuangan yang dicatat secara kronologis dalam sebuah buku.
Kekayaan dan modal
1.Kekayaan perusahaan meliputi :
- Kas
- Piutang
- Wesel tagih
- Surat berharga
- Tanah
- Bangunan
- Perlengkapan dan peralatan
1.Modal meliputi :
1.Kreditur
2.Modal sendiri
KEKAYAAN = UTANG + MODAL SENDIRI
1.Laporan keuangan
2.Neraca
→adalah laporan yang memperlihatkan keadaan keuangan sebuah perusahaan pada suatu saat.
1.Aktiva
→merupakan kekayan fisik yang dimiliki perusahaan yang terbagi menjadi 3 bagian :
•Aktiva lancar
→adalah kekayaan perusahaan yang berupa uang tunai (kas) dan kekayaan lain yang mudah diuangkan.
Ex :piutang, surat-surat berharga, persekot, persedian barang.
•Aktiva tetap
→adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan dalam jangka waktu lama
Ex :gedung, tanah, mesin, dll.
•Aktiva yang tidak kentara
→adalah aktiva yang secara fisik tidak dapat dilihat atau diraba tetapi secara riil mempunyai nilai.
1.Pasiva
→merupakan sebuah neraca perusahan yang berisi sekelompok pos, yaitu :
•Utang lancar
→adalah kewajiban finansial perusahaan yang harus dilunasi dalam jangka waktu relatif pendek.
Ex :utang dagang, kredit rekening koran, kredit wesel, kredit pembeli, utang deviden, dll.
•Utang jangka panjang
→adalah kewajiban finansial perusahaan yang yang harus dilunasi dalam waktu lama(lebih dari 1 tahun)
Ex : utang obligasi dan utang hipotik.
•Modal sendiri
→adalah sejumlah uang yang ditanamkan dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan kegiatannya.
1.Laporan rugi-laba
→adalah laporan yang memberikan informasi tentang penghasilan dan biaya.
Ex : laporan operasi
1.Penghasilan
“ diperoleh dari penjualan total kepada pembeli, laba penjulan aktiva tetap, sewa,yang diterima, dan bunga yang diterima”.
1.Biaya
“mencakup semua pengeluran yang dilakukan oleh perusahaan”.
1.Laba bersih
“diperoleh perusahaan dari seluruh penghasilan dikurangi seluruh biaya”.
1.Laporan perubahan posisi keuangan
→adalah untung memberikan informasi tentang perubahan aktiva lancar dan utang lancar.
Pengertian modal kerja ada 2 macam :
•Modal kerja bruto
“ditunujukan sebagai jumlah dari seluruh aktiva lancar”
•Modal kerja netto
“ditunjukan sebagai selisih antar aktiva lancar dengan utang lancar”
Cara meningkatkan modal kerja :
•Melakukan kegiatan yang menguntungkan
•Menjual aktiva tetap
•Mencari pinjaman jangka panjang
•Menjual saham tambahan
Cara menurunkan modal kerja :
•Menyerap rugi operasi
•Membeli aktiva tetap
•Pembayaran kembali utang jangka panjang
•Pembelian kembali saham-saham
•Pembayaran deviden kepada para pemegang saham
1.Analisis dan interpretasi lapiran keuangan
Laporan keuangan disususun untuk disajikan kepada pihak berkepentinagan :
•Pihak intern
“dalam hal ini manajemen ingin melihat efisiensi kerja yang dilakukan pada suatu periode untuk membandingkan dengan tahun-tahunyang lampau”
•Pihak extern
Ex : pemerintah
Ada 2 metode analisis laporan keuangan :
1.Metode vertikal
→menggunakan rasio antar pos-pos yang terdapat didalam neraca dan laporan rugi-laba.
Ada 2 analisis yang paling banyak digunakan :
•Analisis likuiditas
1.Current ratio
→adalah hubungan antara aktiva lancar dengan utang lancar
1.Acid test ratio
→adalah suatu ratio untuk mengukur suatu kemempuan perusahaan dalam membayar utang lancarnya dalam jangka pendek
1.Analisis horisontal
→bertujuan untuk melihat perubahan-perubahan kekayaan perusahaan, modal kerja netto dan kas perusahaan
Interpretasi laporan keuangan
“ beberapa perusahaan mencoba membelokan aturan akuntansi kepada hal yang menguntungkan mereka, contohnya perusahaan membuat gambaran yang kurang baik terhadap laba sehingga tidak dikenakan pajak yang tinggi”.
1.Anggaran perusahaan
2.Anggaran kas
→adalah proyeksi dari sumber dan penggunaan kas perusahaan.
1.Anggaran operasi
→adalah suatu proyeksi tentang penghasilan dan biaya perusahaan
0 komentar:
Posting Komentar